A. Rumpun Psikologi Kekuatan Mental
1. Psikologi Daya
Prinsip-prinsip pembelajaran yang sesuai adalah :
a. Prinsip Repetisi (Pengulangan)
Prinsip repetisi ini yang sesuai karena teori psikologi daya berprinsip bahwa daya-daya (mengingat, mengenal, mengkhayal, menilai, dll) yang dimiliki individu atau siswa dapat dikembangkan dengan cara berlatih secara berulang-berulang.
Dalam teori ini tidak mengenal prinsip motivasi, pengalaman belajar dan perbedaaan individu karena dianggap tidak relevan.
2. Psikologi Tanggapan
Prinsip-prinsip pembelajaran yang sesuai adalah :
a. Prinsip Repetisi (Pengulangan)
b. Prinsip Korelasi
c. Prinsip Motivasi
d. Prinsip Kesiapan
e. Prinsip Apresepsi
Kelima prinsip ini dianggap sesuai karena teori psikologi tanggapan berprinsip bahwa dalam menggunakan metode mengajar tanggapan seorang guru harus menyajikan bahan pengajarannya secara sederhana, menarik dan berulang-ulang serta kait-mengait antara yang satu dengan yang lain.
3. Psikologi Naturalisme Romantik
Prinsip-prinsip pembelajaran yang sesuai adalah :
a. Prinsip Aktivitas Siswa
b. Prinsip Perkembangan
c. Prinsip Perbedaan Individu
d. Prinsip Motivasi
e. Prinsip Pengalaman Langsung
f. Prinsip Kesiapan
Keenam prinsip ini dianggap sesuai karena teori psikologi naturalime romantik berprinsip bahwa seorang guru dalam menyediakan bahan ajaran harus menarik perhatian dan minat anak, sesuai dengan kebutuhan dan tingkat perkembangannya, menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan, memberi motivasi dan bimbingan sesuai dengan sifat dan kebutuhan anak. Sehingga kegiatan belajar dapat mengaktifkan siswa dan anak dapat berkembang secara optimal.
B. Rumpun Psikologi Behaviorisme
Prinsip-prinsip pembelajaran yang sesuai adalah :
a. Prinsip Repetisi (Pengulangan)
Prinsip repetisi ini yang sesuai karena teori psikologi daya berprinsip bahwa daya-daya (mengingat, mengenal, mengkhayal, menilai, dll) yang dimiliki individu atau siswa dapat dikembangkan dengan cara berlatih secara berulang-berulang.
Dalam teori ini tidak mengenal prinsip motivasi, pengalaman belajar dan perbedaaan individu karena dianggap tidak relevan.
2. Psikologi Tanggapan
Prinsip-prinsip pembelajaran yang sesuai adalah :
a. Prinsip Repetisi (Pengulangan)
b. Prinsip Korelasi
c. Prinsip Motivasi
d. Prinsip Kesiapan
e. Prinsip Apresepsi
Kelima prinsip ini dianggap sesuai karena teori psikologi tanggapan berprinsip bahwa dalam menggunakan metode mengajar tanggapan seorang guru harus menyajikan bahan pengajarannya secara sederhana, menarik dan berulang-ulang serta kait-mengait antara yang satu dengan yang lain.
3. Psikologi Naturalisme Romantik
Prinsip-prinsip pembelajaran yang sesuai adalah :
a. Prinsip Aktivitas Siswa
b. Prinsip Perkembangan
c. Prinsip Perbedaan Individu
d. Prinsip Motivasi
e. Prinsip Pengalaman Langsung
f. Prinsip Kesiapan
Keenam prinsip ini dianggap sesuai karena teori psikologi naturalime romantik berprinsip bahwa seorang guru dalam menyediakan bahan ajaran harus menarik perhatian dan minat anak, sesuai dengan kebutuhan dan tingkat perkembangannya, menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan, memberi motivasi dan bimbingan sesuai dengan sifat dan kebutuhan anak. Sehingga kegiatan belajar dapat mengaktifkan siswa dan anak dapat berkembang secara optimal.
B. Rumpun Psikologi Behaviorisme
- Psikologi Asosiasi (Koneksionisme)
Prinsip-prinsip pembelajaran yang sesuai adalah :
a. Prinsip Perkembangan
b. Prinsip Kesiapan
c. Prinsip Repetisi (Pengulangan)
d. Prinsip Evaluasi
e. Prinsip Reward dan Punishment
f. Prinsip Korelasi
g. Prinsip Motivasi
Ketujuh prinsip ini dianggap sesuai karena teori psikologi asosiasi berprinsip bahwa belajar itu merupakan pembentukan hubungan stimulus-respon sebanyak-banyaknya melalui ulangan-ulangan dan latihan. Oleh karena itu dalam proses pembelajaran seorang guru harus memantau kesiapan siswa, menyediakan banyak latihan atau ulangan-ulangan dan segera memeriksa dan mengembalikan jika ada evaluasi, sehingga siswa dapat mengetahui hasil dari usaha belajarnya, dan akan meningkatkan semangat belajar untuk selanjutnya.
- Psikologi Conditioning
Prinsip-prinsip pembelajaran yang sesuai adalah :
Prinsip Repetisi (Pengulangan)
Prinsip repetisi ini dianggap sesuai karena teori psikologi conditioning berprinsip bahwa mengajar itu adalah pembentukkan kebiasaan, dengan cara mengulang-ulang.
3. Psikologi Penguatan
Prinsip-prinsip pembelajaran yang sesuai adalah :
a. Prinsip Reward dan Punishment
b. Prinsip Kesiapan
c. Prinsip Motivasi
d. Prinsip Tujuan
Keempat prinsip ini dianggap sesuai karena teori psikologi penguatan berprinsip bahwa dalam belajar, siswa membutuhkan suatu pujian atau reward atas hasil usaha belajarnya (seperti mendapat nilai baik, guru memberikan pujian. Sebaliknya nilai yang kurang akan mendapat peringatan). Selain itu teori ini juga menekankan pada pengajaran yang berprogram (seperti: media computer, kaset video dll) agar siswa dapat siap belajar secara individual dan guru berfungsi sebagai pengarah, pendorong dan pengelola belajar.
C. Rumpun Psikologi Kognitas Gestalt
1. Psikologi Gestalt
Prinsip-prinsip pembelajaran yang sesuai adalah :
a. Prinsip Korelasi
b. Prinsip Apresepsi
c. Prinsip Tujuan
Ketiga prinsip ini dianggap sesuai karena teori psikologi Gestalt berprinsip bahwa dalam proses pengajaran guru tidak memberikan potongan-potongan atau bagian-bagian bahan ajaran, tetapi selalu satu-kesatuan. Anak harus berusaha menemukan hubungan antarbagian,agar ia dapat memahami keseluruhan situasi atau bahan tersebut.
Prinsip-prinsip pembelajaran yang sesuai adalah :
a. Prinsip Korelasi
b. Prinsip Apresepsi
c. Prinsip Tujuan
Ketiga prinsip ini dianggap sesuai karena teori psikologi Gestalt berprinsip bahwa dalam proses pengajaran guru tidak memberikan potongan-potongan atau bagian-bagian bahan ajaran, tetapi selalu satu-kesatuan. Anak harus berusaha menemukan hubungan antarbagian,agar ia dapat memahami keseluruhan situasi atau bahan tersebut.
2. Psikologi Kognitif
Prinsip-prinsip pembelajaran yang sesuai adalah :
a. Prinsip Aktivitas Siswa
b. Prinsip Pengalaman Langsung
Prinsip ini dianggap sesuai karena teori psikologi Kognitif berprinsip bahwa dalam proses pengajaran menekankan proses belajar aktif, terutama aktif secara mental (melakukan proses mental atau proses berpikir), di dalam mencari dan menemukan pengetahuan serta menggunakannya. Menurut teori ini anak memiliki sifat aktif, kontruktif dan mampu merencanakan sesuatu.
3. Psikologi Medan (Field Theory)Prinsip-prinsip pembelajaran yang sesuai adalah :
a. Prinsip Aktivitas Siswa
b. Prinsip Pengalaman Langsung
Prinsip ini dianggap sesuai karena teori psikologi Kognitif berprinsip bahwa dalam proses pengajaran menekankan proses belajar aktif, terutama aktif secara mental (melakukan proses mental atau proses berpikir), di dalam mencari dan menemukan pengetahuan serta menggunakannya. Menurut teori ini anak memiliki sifat aktif, kontruktif dan mampu merencanakan sesuatu.
Prinsip-prinsip pembelajaran yang sesuai adalah :
a. Prinsip Tujuan
b. Prinsip Korelasi
c. Prinsip Perbedaan Individu
d. Prinsip Motivasi
e. Prinsip Kesiapan
Kelima prinsip ini dianggap sesuai karena teori psikologi medan berprinsip bahwa merencanakan suatu pengajaran, tujuan harus dipilih yang bermakna bagi siswa dan dirumuskan sejelas mungkin. Bahan dan tugas harus disesuaikan dengan kemampuan siswa. Di samping itu pula penggunaan strategi dan media belajar yang tepat, motivasi dan pembimbingan siswa memegang peranan penting dalam meningkatkan upaya belajar siswa
Download DI SINI Sumber : Kuliah PGSD